Dieng Culture Festival 2019

Dieng Culture Festival (DCF) merupakan agenda tahunan yang dirancang untuk mempromosikan industri pariwisata Dieng. Selain memperkenalkan s...

Dieng Culture Festival (DCF) merupakan agenda tahunan yang dirancang untuk mempromosikan industri pariwisata Dieng. Selain memperkenalkan sejumlah objek wisata andalan di kawasan Dieng, event ini juga bertujuan untuk melestarikan budaya lokal, yakni tradisi ruwat rambut gimbal. Selain keindahan alamnya, Dieng juga dikenal dengan tradisi yang unik, yaitu pemotongan rambut gimbal. Fenomena rambut gimbal di Dataran Tinggi Dieng sudah diketahui oleh banyak orang, yang hingga saat ini oleh warga setempat masih dipercaya merupakan hal mistis. Warga Dieng percaya bahwa anak-anak berambut gimbal merupakan titisan atau ada kaitannya dengan Kyai Kolodete, salah satu tokoh mistis yang dipercaya sebagai pendiri Dieng.

Dieng Culture Festival 2019

Acara Penerbangan Lampion Dieng Culture Festival


Terlepas dari kebenaran hal-hal mistis tersebut, namun hingga saat ini tradisi ruwat rambut gimbal masih saja menarik perhatian wisatawan. Tak mengherankan jika even Dieng Culture Festival (DCF) selalu diburu wisatawan dari seantero negeri. Dieng Culture Festival (DCF) dianggap sebagai salah satu event berkelas internasional, dikemas sedemikian rupa, tentu saja dengan biaya sangat besar, sehingga mampu menyuguhkan atraksi yang sangat spektakuler. Sebuah atraksi yang menampilkan perpaduan cukup unik mulai dari pesona keindahan alam, peninggalan sejarah, budaya, pertunjukan seni tradisional dan musik modern, serta gegap-gempitanya penerbangan ribuan lampion dan pesta kembang api. Seperti tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan event Dieng Culture Festival 2019 ini digelar pada musim kemarau, dimana pada kondisi Dieng saat musim kemarau biasanya sangat dingin, tidak jarang mencapai minus 4 deracat Celcius.


Video Pesta Lampion Dieng Culture Festival


Cari Homestay Di Dieng?

Tentu saja akomodasi menjadi faktor yang sangat penting jika Anda benar-benar ingin menikmati seluruh kegiatan Dieng Culture Festival 2019. Mencari penginapan pada saat event tersebut memang sangat sulit. Bahkan dua bulan sebelum acara digelar kami sendiri sudah kesulitan untuk mencari penginapan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mempersiapkan penginapan sedini mungkin, sehingga masih banyak pilihan homestay yang sesuai dengan kebutuhan.

Homestay Dieng

Homestay Dieng Paling Direkomendasikan

Mau cari Homestay Dieng yang paling direkomendasikan? Kami memiliki beberapa pilihan yang sudah diseleksi berdasarkan sejumlah kriteria. Sebagian besar tamu kami memberikan apresiasi yang sangat menggembirakan setelah menginap di homestay-homestay tersebut. Hubungi Calya Wisata (WhatsApp) untuk reservasi homestay Dieng.

Jadwal Acara Dieng Culture Festival (DCF) 2019

Jadwal Acara Dieng Culture Festival 2019 secara resmi belum dirilis oleh pihak penyelenggara. Namun berdasarkan susunan kegiatan dari penyelenggaraan DCF pada tahun-tahun sebelumnya, bisa diperkirakan kerangka kegiatannya masih tetap sama. Berikut gambaran umum acara Dieng Culture Festival 2019.

Acara Hari Pertama

  • Pembukaan
  • Pertunjukan seni tradisional
  • Petunjukan Jazz Atas Awan

Hari Kedua

  • Keliling objek wisata Dieng
  • Pertunjukan seni tradisional
  • Pesta Lampion dan Kembang Api

Hari Ketiga



Kita ketahui bahwa Dieng Culture Festival merupakan event tahunan yang diburu oleh wisatawan dari berbagai penjuru. Tak khayal lagi jika pada saat acara tersebut digelar, ratusan ribu pengunjung memadati kawasan wisata Dieng. Hal itu tentu saja sangat berpengaruh terhadap ketersediaan fasilitas dan sarana pendukung pariwisata, mulai dari sarana transportasi, rumah makan, penginapan (akomodasi), bahkan sampai macetnya arus lalu-lintas. Jika tidak diantisipasi, kondisi tersebut tentunya membuat wisatawan kurang nyaman, bahkan bukan tidak mungkin rangkaian kegiatan yang sudah direncanakan jauh-jauh hari akan kacau. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang ingin mengikuti rangakaian acara Dieng Culture Festival 2019, kami menyelenggarakan Paket Spesial Dieng Culture Festival 2019. Dalam paket tersebut, kami sudah memperhitungkan berbagai resiko yang kemungkinan timbul, dan tentu saja sudah mempersiapkan langkah-langkah antisipasi dan solusinya. Untuk melihat informasi lebih lengkap, silahkan kunjungi Paket Spesial Dieng Culture Festival.


0 komentar:



Paket Wisata Dieng

Paket Tour Dieng

Paket Tour Dieng 1H/2H1M/3H2M. Lebih berkualitas dan unggul dalam pelayanan.
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Penginapan Dieng Murah, harga terjangkau, fasilitas dan pelayanan lebih oke.
Sewa Mobil Dieng

Sewa Mobil Dieng

Sewa mobil di kawasan wisata Dieng. Melayani penjemputan antarar kota.
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah Dieng. Solusi untuk menjelajahi kawasan wisata Dieng.
Catering Dieng

Catering Dieng

Bingung cari jasa catering di Dieng? Kami menawarkan banyak pilihan menu menarik.
Sewa Tenda Camping Dieng

Sewa Tenda Camping Dieng

Mau camping? Kami melayani sewa tenda dan perlengkapan camping lain di Dieng.