Ini Dia Jalur Paling Ringan Untuk Mendaki Gunung Prau

Gunung Prau merupakan salah satu gunung favorit di kalangan pendaki. Banyak faktor yang membuat gunung berketinggian 2565 mdpl ini sangat di...

Gunung Prau merupakan salah satu gunung favorit di kalangan pendaki. Banyak faktor yang membuat gunung berketinggian 2565 mdpl ini sangat diburu baik oleh pendaki maupun wisatawan. Memang ketinggiannya dibawah 3000 mdpl, namun pemandangan yang disajikan sangat spektakuler, disamping itu saat Anda berada di puncak gunung Prau akan merasakan suasana layaknya di gunung-gunung dengan ketinggian diatas 3000 mdpl, baik dari suhu, hembusan angin, dan kabut. Bahkan suhu di gunung Prau susah ditaklukkan, terlebih lagi saat musim kemarau, sering berada dibawah 5°C. Pendakian Gunung Prau juga tergolong ringan, sangat cocok untuk pendaki pemula degan waktu tempuh sekitar 3-5 jam. Tak heran jika banyak wisatawan yang menyempatkan waktu untuk mendaki Gunung Prau saat berlibur ke Dieng.

Gunung Prau

Gunung Prau memiliki banyak jalur pendakian, berikut beberapa jalur pendakian Gunung Prau untuk umum :
  • Pos Pendakian Campurejo, Kecamatan Tretep, Temanggung
  • Pos Pendakian Wates, Kecamatan Wonoboyo, Temanggung
  • Pos Pendakian Praten, Kecamatan Bawang, Batang
  • Pos Pendakian Kenjuran, Kecamatan Sukorejo, Kendal
  • Pos Pendakian Patang Banteng, Kecamatan Kejajar, Wonosobo
  • Pos Pendakian Kalilembu, Kecamatan Kejajar, Wonosobo
  • Pos Pendakian Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo
  • Pos Pendakian Dwarawati, Dieng Kulon, Banjarnegara

Diantara jalur pendakian tersebut, yang sudah cukup populer adalah Pos Pendakian Patang Banteng, Kalilembu, Dieng Wetan, dan Dwarawati (Dieng Kulon). Keempat pos pendakian tersebut memang cukup populer, karena lokasinya berada di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng. Namun hanya dua basecamp (pos pendakian) yang paling ramai dan hampir setiap akhir pekan dipadati oleh pendaki, yakni basecamp Patak Banteng dan Dwarawati.

Jalur Pendakian Paling Ringan

Diantara sekian banyak jalur, Pos Pendakian Dwarawati, Dieng Kulon, merupakan jalur paling ringan dan bersahabat terutama untuk pendaki pemula. Untuk para pendaki profesional hanya membutuhkan waktu 1-1,5 jam dari basecamp Dawarati. Sedangkan untuk pendaki pemula, membutuhkan waktu 3-4 jam sampai ke puncak atau spot terbaik. Bandingkan jika Anda melalui jalur pendakian lain, dari Pos Pendakian Patak Banteng misalnya, pendaki pemula akan membutuhkan waktu 4-5 jam untuk mencapai puncak, apalagi jika melalui jalur pendakian lain yang jaraknya jauh lebih panjang. Dari waktu tempuh ini menunjukkan bahwa basecamp Dwarawati merupakan jalur pendakian Gunung Prau yang paling ringan, sehingga sangat direkomendasikan terutama bagi pendaki pemula. Klik pada Jalur Pendakian Dwarawati, Dieng untuk melihat deskripsi singkat mengenai kondisi di jalur pendakian Gunung Prau melalui pos Dwarawati, Dieng Kulon.

Sewa Perlengkapan Camping Gunung Prau

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi camping di puncak Gunung Prau bisa memanfaatkan jasa penyewaan perlengkapan camping di setiap basecamp. Tidak perlu membawa perlengkapan yang begitu berat dari rumah, selain repot, tentu biayanya sangat tinggi, terutama bagi pendaki yang belum memiliki perlengkapan. Jasa penyewaan perlengkapan camping bisa Anda temukan di sekitar basecamp. Khusus untuk para pendaki yang ingin melalui Pos Pendakian Dwarawati, Dieng Kulon, bisa menghubungi kami di 0852-0009-6334. Klik pada link dibawah ini untuk melihat daftar harga sewa perlengkapan camping.

0 komentar:



Paket Wisata Dieng

Paket Tour Dieng

Paket Tour Dieng 1H/2H1M/3H2M. Lebih berkualitas dan unggul dalam pelayanan. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Penginapan Dieng Murah, harga terjangkau, fasilitas dan pelayanan lebih oke. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Sewa Mobil Dieng

Sewa Mobil Dieng

Sewa mobil di kawasan wisata Dieng. Melayani penjemputan antarar kota. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah Dieng. Solusi untuk menjelajahi kawasan wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Catering Dieng

Catering Dieng

Bingung cari jasa catering di Dieng? Kami menawarkan banyak pilihan menu menarik. Hubungi Calya Wisata : 0852-0009-6334
Sewa Tenda Camping Dieng

Sewa Tenda Camping Dieng

Mau camping? Kami melayani sewa tenda dan perlengkapan camping lain di Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334