Dieng Culture Festival 2017 Mengguncang Negeri Di Atas Awan

Warga Dieng kembali menggelar even tahunan Dieng Culture Festival pada Jumat (4/8/2017) hingga Minggu (6/8/2017) dengan pusat acara di area ...

Warga Dieng kembali menggelar even tahunan Dieng Culture Festival pada Jumat (4/8/2017) hingga Minggu (6/8/2017) dengan pusat acara di area kompleks Candi Arjuna. Even yang diselenggarakan untuk mempromosikan Dieng sebagai destinasi wisata tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat Kementrian Pariwisata dan Gubernur Jawa Tengah.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Dieng Culture Festival kembali mengguncang Negeri Di Atas Awan. Bukan sekedar ajang promo, namun penyelenggaraan Dieng Culture Festival yang berjalan mulus, bisa dibilang sukses tanpa kendala, telah menjawab semua keraguan wisatawan pasca erupsi ringan kawah Sileri.

Dieng Culture Festival 2017

Semenjak aktivitas kawah Sileri meningkat, dengan keluarnya lava dingin, industri pariwisata Dieng sempat mengalami kelesuan. Terjadi penurunan pengunjung yang sangat signifikan pada saat high season lebaran yang lalu. Tidak sedikit wisatawan yang ragu dan merasa khawatir berkunjung ke Dieng.

Namun membludaknya pengunjung pada even puncak Dieng Culture Festival 2017 telah menjawab keraguan wisatawan. Diharapkan kunjungan wisatawan ke Dieng secara perlahan akan kembali normal.

Hari pertama, 4 Agustus 2017, acara dibuka dengan doa dan saresehan budaya, dilanjutkan dengan Festival Kuliner dan Bazar produk-produk kreatif/UKM Dieng. Malam harinya pengunjung dihibur dengan sajian musik Jazz Atas Awan, dengan artis Ibukota Anji "Drive". Meski belum terlalu padat, namun acara berlangsung cukup meriah, ditutup dengan pesta kembang api.






Hari kedua, 5 Agustus 2017, wisatawan mengisi waktu di pagi hari dengan menikmati sunrise Dieng. Ada sejumlah spot untuk menikmati sunrise di Negeri Di Atas Awan, yang paling populer adalah Gunung Prau dan Bukit Sikunir. Kebanyakan peserta yang hadir memang kaum muda, sehingga tidak bermasalah dengan aktivitas fun trekking menuju ke puncak Sikunir atau Gunung Prau.

Selesai menikmati pesona sunrise, peserta langsung diajak jalan sehat keliling Dieng, dilanjutkan acara pesta purwaceng, minuman para dewa. Peserta dijamu dengan purwaceng gratis di area panggung utama, dekat kompleks Candi Arjuna. Parade budaya dan kesenian serta sendra tari rambut gembel turut meramaikan suasana di hari kedua. Malam harinya yang merupakan puncak acara hiburan, peserta disuguhi sajian musik Akustik Di Atas Awan, dengan artis ternama Katon Bagaskara.

Peserta mulai membludak dan membanjiri seluruh bumi Dieng. Puluhan ribu pengunjung tampak berjejal dan berdesakan di sekitar panggung utama, praktis tidak ada ruang untuk rileks dan melonggarkan badan. Jalanan terlihat padat, namun kendaraan masih tetap mengalir. Bukti kesigapan aparat dalam mengantisipasi kemacetan akibat lonjakan pengunjung. Acara malam hari itu juga dimeriahkan dengan penerbangan satu juta lampion dan pesta kembang api. Langit Dieng tampak begitu megah dengan gemerlapnya lampion para pengunjung.

Hari ketiga, 6 Agustus 2017 merupakan puncak acara Dieng Culture Festival 2017. Diawali dengan Kirab Budaya Rambut Gembel dari rumah pemangku adat Dieng, Jalan Dwarawati menuju kompleks Candi Arjuna. Tampak Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memimpin rombongan kirab dengan berkuda di barisan paling Depan.

Rombongan kirab mengiringi anak-anak rambut gembel yang akan diruwat menuju kompleks Candi Arjuna. Ritual ruwat rambut gembel didahului dengan acara Jamasan Rambut Gembel di area situs Dharmasala. Setelah itu, dilanjutkan dengan cukur rambut gembel di area kompleks Candi Arjuna.

Rangkaian kegiatan ruwatan rambut gembel diakhiri dengan ritual larungan di Telaga Warna. Beragam pertunjukan seni terus ditampilkan untuk melepas kepergian peserta meninggalkan Dataran Tinggi Dieng.

0 komentar:



Paket Wisata Dieng

Paket Tour Dieng

Paket Tour Dieng 1H/2H1M/3H2M. Lebih berkualitas dan unggul dalam pelayanan. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Penginapan Dieng Murah, harga terjangkau, fasilitas dan pelayanan lebih oke. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Sewa Mobil Dieng

Sewa Mobil Dieng

Sewa mobil di kawasan wisata Dieng. Melayani penjemputan antarar kota. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah Dieng. Solusi untuk menjelajahi kawasan wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Catering Dieng

Catering Dieng

Bingung cari jasa catering di Dieng? Kami menawarkan banyak pilihan menu menarik. Hubungi Calya Wisata : 0852-0009-6334
Sewa Tenda Camping Dieng

Sewa Tenda Camping Dieng

Mau camping? Kami melayani sewa tenda dan perlengkapan camping lain di Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334