Lima Homestay Dieng Paling Bersih Dan Direkomendasikan

Dieng memang sedang ramai dikunjungi orang, baik wisatawan maupun traveler bisnis. Kita tahu bahwa Dieng menyimpan potensi wisata sangat bes...

Dieng memang sedang ramai dikunjungi orang, baik wisatawan maupun traveler bisnis. Kita tahu bahwa Dieng menyimpan potensi wisata sangat besar, baik wisata alam, budaya, maupun peninggalan sejarah. Untuk potensi wisata alam bisa dikatakan bahwa keindahan alam Dieng belum ada duanya. Berada di ketinggian relatif 2093 mdpl membuat Dieng selalu diselimuti kabut. Bahkan sesekali kabut awan berada di bawah permukaan dataran Dieng. Oleh sebab itulah kawasan ini juga dikenal sebagai Negeri Di Atas Awan.

Dengan pemandangan awan yang tampak bergumpal di bawah kita, membentang sejauh mata memandang, di sekitarnya tampak puncak-puncak gunung menjulang tinggi, membuat pemandangan Dieng tiada duanya. Perpaduan lautan awan dan puncak beberapa gunung, ditambah lagi kehadiran golden sunrise yang memerahkan langit saat pagi hari, membuat pesona Dieng sangat sulit ditandingi daerah wisata manapun.

Tidak sekedar menyimpan potensi wisata yang dahsyat, Dieng juga memiliki sumber energi listrik panas bumi. Tak mengherankan jika banyak juga kepentingan-kepentingan bisnis yang berpusat di Dieng. Oleh karena itulah tak jarang traveler yang memiliki agenda bisnis ke Dieng. Mereka juga membutuhkan penginapan yang layak di daerah yang juga dijuluki negeri para dewa ini. Begitupun dengan kegiatan-kegiatan penelitian untuk kepentingan ilmu pengetahuan. Banyak juga para ilmuwan atau mahasiswa yang mencoba mengungkap keberadaan dan fenomena Dataran Tinggi Dieng, baik dari aspek sejarah, budaya, geologi, maupun vulkanologi.

Banyaknya kepentingan yang bermuara di Dieng, membuat kawasan ini selalu ramai dikunjungi orang, baik pada saat high season maupun low season. Kebutuhan akan akomodasi untuk menampung para tamu tentunya sangat besar. Tak mengherankan jika beberapa tahun belakangan industri penginapan Dieng tumbuh bak jamur. Namun begitu, terbatasnya area pemukiman membuat pertumbuhan penginapan ini belum mampu menampung semua tamu yang masuk, terlebih lagi saat high season.

Fenomena tersebut tentu berdampak pada rendahnya persaingan antar penginapan. Sehingga secara otomatis akan membuat kompetisi dalam pelayanan dan kualitas semakin kecil. Kondisi semacam ini mengakibatkan banyak homestay belum mampu memenuhi standar, baik dalam kualitas, fasilitas, maupun pelayanan bagi para tamu.

Oleh karena itulah kami mencoba membuat kualifikasi terhadap homestay-homestay atau penginapan lain di Dieng dengan menetapkan beberapa parameter atau kriteria. Parameter utama yang kami terapkan untuk membuat kualifikasi adalah kebersihan homestay. Selanjutnya diikuti dengan fasilitas dan kualitas pelayanannya.

Berikut lima homestay di Dieng yang paling direkomendasikan berdasarkan sejumlah parameter yang kami terapkan.

Homestay Palal


Homestay Sewa Rumahan
Jalan Pringgondandi RT 01 RW 01 Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.
Reservasi : 0852-0009-6334

Homestay Palal Dieng
Foto Homestay Palal Dieng

Homestay Palal Dieng
Foto Homestay Palal Dieng

Homestay Palal menduduki peringkat pertama. Pada dasarnya homestay ini memiliki bangunan yang sederhana, namun menawaran kenyamanan yang luar biasa kepada para tamu. Keunggulan utama penginapan ini adalah kerapihan dan kebersihan ruangan yang sangat terjaga. Bisa dikatakan tidak ada debu yang menempel, baik di meja, kursi, kamar, maupun perabotan lain. Pemilik homestay tergolong orang yang sangat rajin dalam menjaga kebersihan. Tidak banyak perabotan rumah tangga membuat ruangan tampak sangat rapi, tidak berantakan, serta menambah keleluasaan bagi para tamu. Menurut penilaian kami, homestay ini merupakan penginapan yang paling bersih di Dieng jika dibandingkan dengan kebanyakan homestay lain, bahkan jika dibandingkan dengan beberapa hotel sekalipun. Untuk parameter kebersihan, homestay Palal memang layak menduduki peringkat pertama.

Selain dari sisi kebersihan, keindahan ruangan juga sangat diperhatikan. Tata letak perabotan serta pemilihan warna yang cermat membuat kesan indah dan sejuk di homestay ini. Seluruh tembok di dalam kamar, ruang tamu, maupun ruang keluarga dilapisi walpaper, sehingga terasa hangat dan nyaman untuk beristirahat ditengah-tengah dinginnya udara Dieng, terlebih saat malam hari. Oleh karena itulah penginapan ini sangat cocok untuk beristirahat bersama keluarga, terutama yang membawa anak-anak maupun orang tua. Pemilihan warna homestay yang didominasi warna cerah membuat seluruh ruangan terasa lebih luas, serta membuat Anda betah untuk tinggal lebih lama lagi.

Fasilitas homestay juga sudah sangat memadai. Terdapat garasi yang mampu menampung hingga tiga mobil, sehingga aman untuk kendaraan Anda. Ruang tamu dan ruang keluarga yang luas, tidak banyak perabotan, bersih, terasa hangat, sangat nyaman untuk berkumpul dan bersantai selama menginap. Dapur juga sangat bersih, ditambah peralatan yang cukup untuk memasak. Dua kamar mandi di dalam kamar serta satu kamar mandi di sebelah dapur tentu membuat para tamu tidak perlu mengantri lama untuk mandi atau membersihkan diri. Setiap kamar mandi sudah dilengkapi dengan air panas. Belum lagi keberadaan ruang kecil yang digunakan sebagai musholla, tentu akan mempermudah aktivitas ibadah Anda selama berada di homestay. Televisi di ruang keluarga bisa menjadi hiburan ringan saat sedang bersantai.

Selain itu, penginapan ini juga menyediakan beberapa perlengkapan Pertolongan Pertama standar. Bisa menjadi solusi bagi tamu yang kondisi kesehatannya menurun karena kelelahan atau kedinginan. Dua sofabed di ruang keluarga dapat digunakan untuk tidur empat orang, tentunya bagi rombongan yang tidak semua anggotanya tertampung dalam kamar. Terdapat juga satu ekstrabed kecil di depan TV berukuran 90, sangat nyaman untuk bermalas-malasan. Seluruh lantai, baik di dalam kamar, ruang tamu, maupun ruang keluarga, berkarpet. Sangat nyaman dan menambah kehangatan di dalam rumah.

Homestay Palal menawarkan sewa rumahan, menyediakan tiga kamar tamu, terdiri dari dua tipe, yaitu satu kamar dengan bed berukuran 180, tanpa kamar mandi, dan dua kamar dengan bed berukuran 160, dilengkapi kamar mandi dalam. Jika dimaksimalkan, setiap kamar dapat diisi tiga orang, sofabed empat orang, dan ekstrabed di depan TV satu orang, sehingga dapat digunakan untuk menginap 14 orang. Untuk menjaga kenyamanan para tamu, penginapan ini membatasi kapasitas hingga 14 orang, baik dewasa maupun anak-anak. Jika melebihi kapasitas tidak diperkenankan, dan tamu sisanya harus mencari kamar di homestay lain.

Selain memiliki fasilitas yang memadai, homestay Palal juga berada di lokasi sangat strategis. Kurang lebih 250 meter menuju kompleks Candi Arjuna, berada di pusat bisnis Dieng, dekat dengan Indomaret, pusat oleh-oleh, dan rumah makan. Bagi Anda yang berencana berkunjung ke Dieng dengan rombongan paling banyak 14 orang, sangat disarankan untuk memilih homestay ini, karena memiliki sejumlah keunggulan yang sudah kami bahas di atas.

Homestay Acacia


Homestay Sewa Kamaran
Jalan Raya Dieng Batur, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.
Reservasi : 0852-0009-6334

Homestay Acacia Dieng
Foto Homestay Acacia Dieng

Homestay Acacia Dieng
Foto Homestay Acacia Dieng

Homestay Acacia Dieng
Foto Homestay Acacia Dieng

Homestay Acacia Dieng sudah sangat dikenal oleh wisatawan, terutama kalangan menengah ke atas. Penginapan yang sangat mewah, pernah meraih penghargaan sebagai homestay terbaik di Jawa Tengah. Bangunan homestay terdiri dari dua lantai, dengan design dan gaya modern. Semua kamar tamu berada di lantai atas, dengan balkon di bagian depan yang memiliki view sangat menarik, langsung mengarah ke kompleks Candi Arjuna dan Gunung Pangonan.

Semua lantai dalam ruangan homestay berkarpet, sehingga terasa hangat dan nyaman untuk beristirahat di tengah-tengah dinginnya udara Dieng. Akses free Wi-Fi di seluruh area homestay tentu memberikan kemudahan bagi para tamu untuk berkomunikasi online dan membagikan foto-foto menarik kepada keluarga atau teman-teman terdekat setelah seharian bekeliling Dieng.

Fasilitas lain yang disediakan homestay Acacia adalah breakfast untuk semua tamu, sesuai kapasitas, serta gratis membuat kopi atau teh. Tersedia ruang keluarga yang bisa digunakan untuk bersantai bersama rombongan atau tamu lain jika Anda hanya menyewa beberapa kamar. Tempat parkir disediakan dan dapat digunakan untuk tiga mobil kecil. Lokasinya yang sudah agak menjauh dari pusat keramaian Dieng membuat istirahat Anda tenang. Untuk menuju kompleks Candi Arjuna, dapat dijangkau beberapa menit dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan. Meski harganya tergolong mahal, namun penginapan ini banyak diburu wisatawan karena menawarkan berbagai fasilitas menarik dan pelayanan berkualitas dari pengelola homestay.

Penginapan Acacia Dieng menawarkan sewa kamaran. Tersedia lima kamar tamu dengan tipe yang berbeda-beda. Salah satu kamar memiliki view menarik, dengan jendela kaca lebar, langsung menghadap ke balkon.

Kamar Puntadewa

Kamar Puntadewa menyediakan 1 bed berukuran 160 dan 1 bed berukuran 120. Maksimal untuk tiga orang. Kamar mandi dalam dengan kloset duduk dan air panas. Ukuran kamar cukup luas, sangat nyaman untuk beristirahat.

Kamar Bima

Seperti halnya kamar Puntadewa, di kamar ini juga terdapat 1 bed berukuran 160 dan 1 bed berukuran 120. Maksimal digunakan untuk tiga orang. Ukuran kamar sedikit lebih kecil dari kamar Puntadewa. Dinding bercorak batik, menggunakan wallpaper berkelas. Kamar mandi dengan kloset duduk dan air panas.

Kamar Arjuna

Merupakan kamar yang langsung menghadap ke balkon. Jendela kaca yang lebar, sehingga memungkinkan tamu untuk menikmati keindahan Dieng dari dalam kamar. Terdapat 1 bed berukuran 180, sangat nyaman untuk beristirahat dua orang. Kamar mandi dilengkapi kloset duduk dan air panas.

Kamar Nakula

Kamar berkapasitas dua orang, dengan 2 bed berukuran 120. Kamar berbentuk L, dengan kamar mandi di sisi depan, belakang pintu masuk. Kamar mandi dilengkapi dengan kloset duduk dan air panas, sangat nyaman untuk beristirahat dua orang.

Kamar Sadewa

Tidak beda dengan kamar Nakula, kamar ini juga berkapasitas dua orang dengan 2 bed masing-masing berukuran 120. Terdapat satu jendela kecil yang menghadap ke perkampungan. Kamar mandi dalam dengan kloset duduk dan air panas.

Meski memiliki aturan yang agak ketat dan harga cukup tinggi, namun homestay Acacia tetap menjadi pilihan utama wisatawan, karena menawarkan berbagai fasilitas menarik dan pelayanan berkualitas. Selain itu penginapan ini juga terkesan sangat mewah, sehingga menjadi solusi bagi tamu yang membutuhkan kenyamanan tinggi dan prestise. Homestay Acacia merupakan pilihan cerdas bagi wisatawan cerdas.

Homestay Aminah


Homestay Sewa Kamaran
Jalan Telaga Warna, Desa Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.
Reservasi : 0852-0009-6334

Homestay Aminah Dieng
Foto Homestay Aminah Dieng

Homestay Aminah Dieng
Foto Homestay Aminah Dieng

Homestay Aminah merupakan penginapan yang baru selesai direhab. Saat ini menyediakan 14 kamar terdiri dari tiga tipe. Dengan bangunan bergaya modern dan tata letak yang rapi, membuat penginapan ini layak direkomendasikan. Design ruangan yang cukup menarik, dengan komposisi warna ruangan yang sangat pas, membuat homestay ini memiliki kesan sejuk dan menyegarkan. Kebersihan homestay juga sangat terjaga, sehingga menjadi pilihan utama para traveller, terlebih lagi dengan harga yang terjangkau bagi semua kalangan.

Berbagai fasilitas menarik yang ditawarkan, seperti ruang lobi di lantai atas, kamar mandi di setiap kamar, air panas, dan vie menarik dari balkon, membuat penginapan ini banyak diminati oleh wisatawan. Tempat parkir juga tersedia untuk empat mobil kecil. Sisanya bisa parkir di area parkir umum, di depan masjid Dieng, hanya beberapa puluh meter dari lokasi homestay.

Homestay Aminah berada di lokasi sangat strategis, hanya beberapa ratus meter menuju kompleks Candi Arjuna dan kawasan Telaga Warna. Selain itu, di sekitar penginapan juga banyak warung makan, pusat oleh-oleh, kios-kios souvenir, dan pusat perbelanjaan. Para tamu tak perlu kesulitan untuk mencari makanan atau barang-barang lain yang dibutuhkan.

Penginapan ini menyediakan 14 kamar tamu, terdiri dari 10 kamar dengan bed berukuran 160, 3 kamar dengan 2 bed berukuran 120, dan 1 kamar dengan 2 bed berukuran 160 dan 120. Kamar dengan 1 bed berukuran 160 dapat digunakan untuk menginap 3 orang, kamar dengan 2 bed berukuran 120 dapat digunakan untuk 4 orang, dan 1 kamar family dapat digunakan untuk menginap 5 orang. Setiap kamar difasilitasi TV untuk melengkapi waktu istirahat Anda.

Homestay Sharon


Homestay Sewa Rumahan
Jalan Dwarawati 01 Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.
Reservasi : 0852-0009-6334

Homestay Sharon Dieng
Foto Homestay Sharon Dieng

Homestay Sharon Dieng
Foto Homestay Sharon Dieng

Homestay Sharon menampilkan design bergaya minimalis, terdiri dari dua lantai. Lokasi berada di tempat strategis, hanya beberapa ratus meter menuju kompeks Candi Arjuna. Penginapan ini juga dekat dengan perbelanjaan, rumah makan, dan kompleks penjual oleh-oleh atau souvenir khas Dieng.

Meski berada di tengah kampung, namun untuk menjangkau penginapan relatif mudah. Jika menggunakan kendaraan umum, berhenti di Pos Polisi Dieng Kulon, kemudian masuk gang yang berada di seberang Pos Polisi. Perempatan pertama belok kiri, sekitar 10 meter lokasi homestay di sebelah kiri jalan.

Penginapan ini terbagi dua lantai, lantai pertama meliputi ruang tamu, dapur, garasi untuk 1 mobil, satu kamar tidur, dan kamar mandi di sebelah dapur. Di ujung ruang tamu, terdapat tangga yang menghubungkan ke lantai dua. Di lantai dua terdapat 3 kamar dengan tipe berbeda. Setiap kamar di lantai dua dilengkapi dengan TV dan kamar mandi dalam. Ruang keluarga ada di lantai dua, bisa digunakan untuk kumpul-kumpul bersama rombongan.

Secara keseluruhan penginapan ini memiliki 4 kamar tamu, terdiri dari :
  • 1 kamar di lantai satu, tempat tidur berukuran 140, tanpa TV, tanpa kamar mandi dalam.
  • 1 kamar di lantai dua, dengan dua tempat tidur masing-masing berukuran 120, TV dalam kamar, dan kamar mandi dalam.
  • 1 kamar di lantai dua, tempat tidur berukuran 140, TV dalam kamar, dan kamar mandi dalam.
  • 1 kamar di lantai dua, tempat tidur berukuran 160, TV dalam kamar, dan kamar mandi dalam.

Para tamu juga bisa memanfaatkan fasilitas free Wi-Fi di seluruh ruangan. Dapur bisa digunakan untuk memasak, lengkap dengan perlengkapannya, namun bahan-bahan untuk memasak harus membeli sendiri. Dengan bangunan bergaya minimalis modern, dan berbagai fasilitas menarik yang ditawarkan, penginapan ini menjadi pilihan banyak wisatawan. Tak mengherankan jika homestay Sharon selalu penuh, terutama malam Minggu dan long week end. Oleh karena itu, jika Anda ingin mencoba penginapan ini, sangat disarankan untuk booking jauh-jauh hari sebelumnya agar tidak terbooking oleh tamu lain.

Homestay Nusa Indah


Homestay Sewa Kamaran
Jalan Telaga Warna, Desa Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.
Reservasi : 0852-0009-6334

Homestay Nusa Indah Dieng
Foto Homestay Nusa Indah Dieng

Homestay Nusa Indah Dieng
Foto Homestay Nusa Indah Dieng

Homestay Nusa Indah bisa dikatakan penginapan yang sudah cukup lama berdiri di Dieng. Sudah sejak lama digunakan untuk menginap pada saat awal Dieng mulai banyak dikunjungi wisatawan. Nama homestay Nusa Indah memang sangat populer, sudah dikenal oleh banyak wisatawan dari berbagai daerah. Lokasi penginapan sangat strategis, di pusat bisnis Dieng, kurang lebih 250 meter dari pertigaan utama Dieng. Dekat dengan kawasan wana wisata Telaga Warna dan kompleks Candi Arjuna.

Homstay Nusa Indah merupakan penginapan yang berkapasitas cukup besar. Terdiri dari sembilan kamar standar dengan satu bed berukuran 160, serta 1 kamar family dengan 2 bed berukuran 160 dan 140. Setiap kamar dilengkapi TV dan kamar mandi dengan air panas. Kebersihan sangat terjaga, baik di dalam kamar maupun di ruang umum.

Penginapan ini menawarkan sewa kamaran, sehingga sangat cocok bagi rombongan kecil, dua sampai enam orang. Kamar standar dapat digunakan untuk menginap tiga orang, sedangkan kamar familiy maksimal lima orang. Ukuran kamar juga cukup luas, sangat nyaman untuk beristirahat. Fasilitas lain yang disediakan adalah tempat parkir mobil di halaman depan, berkapasitas maksimal tiga unit mobil. Sisa mobil yang tidak kebagian tempat parkir, dapat memanfaatkan area parkir umum yang hanya berjarak 20 meter dari penginapan.

Homestay Nusa Indah tergolong pengingapan yang sangat laris, sehingga disarankan untuk memesan jauh-jauh hari sebelum liburan. Jika tidak memesan terlebih dahulu, kemungkinan Anda tidak kebagian kamar di penginapan ini. Untuk pemesanan bisa dilakukan secara online, hubungi kami di 0852-0009-6334, DP 30% saat low season dan 50% saat high season. Pelunasan dibayarkan paling lambat pada saat tiba di lokasi, sebelum check in.

Pilih Homestay Sewa Rumahan Atau Kamaran?

Setelah melihat review sejumlah homestay di atas, dengan berbagai keunggulannya, terutama dalam hal kebersihan, fasilitas, dan pelayanan, kini saatnya untuk menentukan pilihan, homestay mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada beberapa keuntungan memilih homestay sewa rumahan dan kamaran. Masing-masing tentu memiliki kelebihan, sehingga harus benar-benar dipertimbangkan sebelumnya.

Homestay sewa rumahan menawarkan banyak keunggulan. Jika Anda datang berlibur dengan rombongan jumlah besar, tentu sangat sesuai memilih sewa rumahan. Disamping harga sewa jatuhnya lebih murah, juga privasi yang diperoleh akan lebih tinggi, karena tidak tergabung dengan rombongan lain. Selain itu, dengan memilih sistem sewa rumahan, tentu kita bisa merasakan lebih dekat kehidupan dan budaya masyarakat Dieng, karena interaksi dengan pemilih homestay akan lebih tinggi. Memilih penginapan sewa rumahan juga sangat disarankan bagi rombongan keluarga, selain harga yang lebih murah dan mendapatkan privasi tinggi, juga dapat memasak sendiri sesuai selera.

Homestay sewa kamaran akan lebih efisien jika Anda datang ke Dieng dengan rombongan kecil, dua hingga enam orang. Rombongan kecil tentu akan lebih efisien dengan menyewa kamaran, tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu tinggi untuk menginap. Selain itu, sewa kamaran juga sangat cocok bagi tamu pasangan. Namun perlu diingat, kebanyakan penginapan di Dieng tidak menerima tamu pasangan yang belum menikah. Oleh karena itu, Anda harus bisa menunjukkan bukti nikah yang sah pada saat check in.

Booking/Reservasi Online

Bagaimana booking/reservasi penginapan Dieng secara online? Mudah saja, tentukan terlebih dahulu homestay yang Anda pilih. Setelah yakin dengan pilihannya, segera lakukan pemesanan. Booking atau reservasi dianggap deal jika pemesan telah membayarkan DP atau uang muka sebagai tanda jadi. Jumlah DP atau uang muka yang harus dibayarkan menyesuaikan waktu menginap.

Jika waktu menginap jatuh pada low season, DP sebesar 30%, sedangkan pada high season sebesar 50%. Setelah membayar DP atau uang muka, kirim foto KTP dan Anda akan mendapatkan konfirmasi pemesanan sebagai bukti bahwa Anda sudah memesan homestay bersangkutan. Pelunasan dibayarkan paling lambat saat tiba di lokasi, sebelum check in.

Untuk booking/reservasi penginapan Dieng secara online, Anda bisa menghubungi Calya Wisata di 0852-0009-6334. Calya Wisata merupakan salah satu penyedia jasa pemesanan homestay Dieng secara online, bisa dipercaya dan memiliki komitmen tinggi untuk memberikan pelayanan terbaik. Calya Wisata juga merupakan biro perjalanan wisata terverifikasi di google, sehingga Anda tidak perlu khawatir terutama pada saat pembayaran. Lihat Calya Wisata di Google.

0 komentar:



Paket Wisata Dieng

Paket Tour Dieng

Paket Tour Dieng 1H/2H1M/3H2M. Lebih berkualitas dan unggul dalam pelayanan. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Penginapan Dieng Murah, harga terjangkau, fasilitas dan pelayanan lebih oke. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Sewa Mobil Dieng

Sewa Mobil Dieng

Sewa mobil di kawasan wisata Dieng. Melayani penjemputan antarar kota. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah Dieng. Solusi untuk menjelajahi kawasan wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Catering Dieng

Catering Dieng

Bingung cari jasa catering di Dieng? Kami menawarkan banyak pilihan menu menarik. Hubungi Calya Wisata : 0852-0009-6334
Sewa Tenda Camping Dieng

Sewa Tenda Camping Dieng

Mau camping? Kami melayani sewa tenda dan perlengkapan camping lain di Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334