Energi Panas Bumi Dieng

Di kejauhan sana terlihat pipa-pipa besar tampak meliuk-liuk seolah mengitari lereng-lereng perbukitan. Di sejumlah titik terlihat kepulan a...

Di kejauhan sana terlihat pipa-pipa besar tampak meliuk-liuk seolah mengitari lereng-lereng perbukitan. Di sejumlah titik terlihat kepulan asap mengalun dari perut bumi keluar dari cerobong. Itulah pemanfaatan energi panas bumi di Dieng sebagai pembangkit tenaga listrik.

Sejarah Pemanfaatan Energi Panas Bumi Dieng

Dieng menyimpan potensi energi listrik yang sangat besar sehingga memiliki peluang besar untuk swasembada energi. Upaya eksplorasi energi panas bumi Dieng sudah dimulai sejak jaman penjajahan Belanda. Saat itu, pada tahun 1928, dilakukan pemboran beberapa sumur sedalam 80 meter. Namun upaya tersebut tidak dilanjutkan, entah karena alasan apa.

Energi Panas Bumi Dieng

Antara tahun 1964-1965 UNESCO menetapkan Dataran Tinggi Dieng sebagai salah satu prospek panas bumi yang cukup besar di Indonesia. Hal tersebut ditindaklanjuti oleh USGS (United States Geological Survey), salah satu lembaga ilmiah milik pemerintah Amerika Serikat, didirikan pada tanggal 3 Maret 1879, berfokus pada empat disiplin ilmiah, yakni biologi, geografi, geologi, dan air. USGS yang juga merupakan bagian dari Departemen Dalam Negeri AS melakukan survey geofisika di Dieng pada tahun 1970 dan melakukan pemboran 6 sumur dangkal pada tahun 1973.

Meskipun upaya eksplorasi sudah dilakukan sejak lama, namun upaya pembangunan pembangkit listrik baru dimulai pada tahun 1994, ditandai dengan penandatanganan kontrak pembangunan pembangkit listrik 4.150 Megawatt oleh California Energy International (CEI).

Pembangkit No. 1 selesai dibangun pada tahun 1998, menghasilkan energi listrik sebesar 60 Megawatt. Sedangkan pembangunan pembangkit No. 2, 3, dan 4 ditunda karena pengaruh dampak krisis moneter yang melanda Asia pada waktu itu. Dari 45 sumur pemboran, diketahui bahwa panas bumi Dieng berpotensi menghasilkan energi listrik sebesar 350 Megawatt.

PT. Geo Dipa Energi (Persero)

PT. Geo Dipa Energi (Persero) merupakan perusahaan joint venture antara PLN dan Pertamina yang mengelola lapangan panas bumi di Dieng dan Patuha. Perusahaan tersebut mendapatkan hak pengelolaan Wilayah Kuasa Pertambangan (WKP) untuk area Dieng dan Patuha semenjak tanggal 4 September 2002. Pada tahun 2011, PT. Geo Dipa Energi (Persero) ditetapkan sebagai BUMN melalui PP No. 62/2011, dengan struktur pemegang saham Pemerintah RI sebesar 93.33% dan PLN (Persero) sebesar 6,67%.

PT. Geo Dipa Energi (Persero) saat ini mengelola dua lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Dieng, yaitu PLTP Dieng Unit 1 di Kecamatan Batur, Banjarnegara, dan PLTP Dieng Unit 2 di Kecamatan Kejajar, Wonosobo. Total energi listrik yang dihasilkan sebesar 60 Megawatt, setara dengan kebutuhan steam 400.000 kg/jam, dipasok oleh 8 sumur produksi.

PT. Geo Dipa Energi (Persero) saat ini memiliki 47 sumur bor, 27 sumur berada di selatan Kawah Sikidang dan 20 sumur di utara Kawah Sikidang, di dekat Kawah Sileri. Dari 47 sumur tersebut, baru 8 sumur yang dimanfaatkan sebagai sumur produksi dan 2 sumur sebagai sumur injeksi. Sementara sisanya masih mengalami masalah terkait dengan endapan silika yang cukup tinggi.

PLTP Geo Dipa Menjadi Wahana Wisata Edukasi

Selain berfungsi sebagai penghasil energi listrik terbarukan, keberadaan PLTP unit Dieng juga berpotensi sebagai wahana wisata edukasi. Dengan berkembangnya industri pariwisata Dieng tentu tidak bisa mengabaikan begitu saja keberadaan PT. Geo Dipa Energi (Persero). Dalam hal ini, pihak perusahaan sangat terbuka untuk berbagai kunjungan wisata minat khusus.

Dengan kegiatan kunjungan wisatawan, PT. Geo Dipa Energi berkesempatan untuk menyampaikan informasi terkait keberadaan dan keamanan PLTP Dieng kepada masyarakat. Hal ini sangat penting dilakukan, mengingat sudah beberapa kali terjadi insiden ledakan pipa panas bumi, seperti pada tahun 1998 yang menewaskan empat orang, pada Juli 2007 mengakibatkan puluhan petani terluka, dan pada 13 Juni 2016 yang mengakibatkan 6 orang terluka, satu diantaranya mengalami luka berat.

0 komentar:



Paket Wisata Dieng

Paket Tour Dieng

Paket Tour Dieng 1H/2H1M/3H2M. Lebih berkualitas dan unggul dalam pelayanan. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Penginapan Dieng Murah, harga terjangkau, fasilitas dan pelayanan lebih oke. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Sewa Mobil Dieng

Sewa Mobil Dieng

Sewa mobil di kawasan wisata Dieng. Melayani penjemputan antarar kota. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah Dieng. Solusi untuk menjelajahi kawasan wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Catering Dieng

Catering Dieng

Bingung cari jasa catering di Dieng? Kami menawarkan banyak pilihan menu menarik. Hubungi Calya Wisata : 0852-0009-6334
Sewa Tenda Camping Dieng

Sewa Tenda Camping Dieng

Mau camping? Kami melayani sewa tenda dan perlengkapan camping lain di Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334