Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng merupakan salah satu objek wisata di kawasan dataran tinggi Dieng. Secara administrasi masuk dalam wilayah Desa Dieng, Ke...

Telaga Warna Dieng merupakan salah satu objek wisata di kawasan dataran tinggi Dieng. Secara administrasi masuk dalam wilayah Desa Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Telaga Warna menjadi destinasi wisata yang sangat populer karena memiliki keindahan alam luar biasa. Tak mengherankan jika tempat wisata ini menjadi salah satu objek wisata andalan Kabupaten Wonosobo.

Diberi nama Telaga Warna karena memang terjadi fenomena alam yang cukup unik, dimana air telaga tersebut sering berubah warna, terkadang berwarna hijau, kuning, merah, atau kombinasi warna-warna tersebut, sehingga tampak seperti pelangi. Fenomena alam tersebut dapat terjadi lantaran air telaga mengandung kadar belerang yang sangat tinggi, sehingga saat terkena pantulan sinar matahari akan memantulkan cahaya berwarna-warni.

Selain keunikan airnya, kondisi alam di sekitar Telaga Warna juga cukup menawan. Berpadu dengan kesejukan udara pegunungan yang begitu dingin, hembusan angin di sela-sela pepohonan, sehingga menghadirkan suasana yang begitu harmonis. Belum lagi kicauan burung-burung liar yang bersembunyi di balik pepohonan, sungguh membuat suasana hati semakin damai. Keberadaan bukit-bukit yang menjulang tinggi, seakan mengelilingi area telaga, merupakan pesona lain yang tak kalah menawan saat Anda berada di lokasi Telaga Warna.

Saat pagi hari, pemandangan di area yang berada di ketinggian kurang lebih 2000 meter di atas permukaan laut ini sangat mengagumkan. Sinar matahari pagi yang baru keluar di sisi timur memancarkan sinar yang belum begitu terik, menerobos masuk di sela-sela popohonan, dan menghasilkan pantulan siran di air telaga yang sangat eksotis. Tentu saja waktu yang paling tepat bagi wisatawan untuk berkunjung ke Telaga Warna saat pagi hari. Pada soore hari, kabut akan turun menutup pemandangan di sekitar telaga, sehingga pengunjung tidak dapat menikmati mahakarya lukisan alam. Agar bisa menikmati waktu terbaik dii Telaga Warna, banyak wisatawan yang mengagendakan kunjungan ke objek wisata ini setelah kembali dari Sikunir.

Telaga Warna Dieng

Foto Telaga Warna Dieng


Daya tarik alam inilah yang menjadikan pengunjung begitu terpikat dengan suasana di Telaga Warna. Tak jarang wisatawan berkunjung hingga beberapa kali ke kawasan Telaga Warna. Oleh karena itulah Telaga Warna tetap menjadi ikon wisata Dieng dan Wonosobo. Perpaduan harmonis antara keagungan pesona alam, udara dingin yang begitu menusuk tulang, dan beberapa objek wisata lain di sekitar telaga, benar-benar membuat suasana di Telaga Warna Dieng begitu memikat. Ditambah lagi keberadaan beberapa goa alam, sehingga menghadirkan suasana mistis ditengah-tengah keheningan dataran tinggi Dieng Wonosbo.

Tepat berada di samping Telaga Warna terdapat juga satu telaga lain yang memiliki air sangat jernih, bagaikan cermin raksasa. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Telaga Pengilon, lantaran begitu jernihnya air telaga sehingga tampak seperti pengilon atau cermin. Keberadaan dua telaga ini memang begitu eksotis, terlebih lagi jika Anda melihat dari Batu Pandang Ratapan Angin, sungguh bagaikan dua telaga kembar di tengah-tengah lembah yang tampak hijau oleh pepohonan di sekitarnya. View dari atas Batu Pandang Ratapan Angin memang sangat mengagumkan, sebagian wisatawan akan menyempatkan diri berkunjung ke batu pandang tersebut untuk menikmati karya Tuhan yang begitu memukau.

Selain dimanfaatkan sebagai tempat wisata, Telaga Warna juga menjadi salah satu sumber air bagi lahan-lahan pertanian di Dieng, dengan komoditas utama tanaman kentang.



Objek Wisata Lain Di Sekitar Telaga Warna Dieng

Beberapa objek wisata lain di sekitar Telaga Warna Dieng adalah:
  • Gua Semar atau dikenal dengan Pertapaan Mandalasari Begawan Sampurna Jati
  • Gua Sumur Eyang Kumalasari
  • Gua Jaran Resi Kendaliseto

Gua-gua tersebut sering dijadikan sebagai tempat meditasi atau bertapa oleh banyak orang yang memiliki keyakinan itu. Bahkan konon kabarnya, Bapak Soeharto, Presiden Kedua Republik Indonesia, juga pernah melakukan semedi di salah satu goa tersebut.

Akses jalan menuju objek wisata Telaga Warna Dieng juga sangat mudah, dengan infrastruktur jalan dalam kondisi sangat baik. Dari pusat kota Kabupaten Wonosobo langsung menuju ke arah utara (jalur Wonosobo - Dieng). Biasanya para pengendara membutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam, dengan jarak tempuh kurang lebih 30 kilometer.

0 komentar:



Paket Wisata Dieng

Paket Tour Dieng

Paket Tour Dieng 1H/2H1M/3H2M. Lebih berkualitas dan unggul dalam pelayanan. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Penginapan Dieng

Penginapan Dieng

Penginapan Dieng Murah, harga terjangkau, fasilitas dan pelayanan lebih oke. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Sewa Mobil Dieng

Sewa Mobil Dieng

Sewa mobil di kawasan wisata Dieng. Melayani penjemputan antarar kota. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah Dieng. Solusi untuk menjelajahi kawasan wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Catering Dieng

Catering Dieng

Bingung cari jasa catering di Dieng? Kami menawarkan banyak pilihan menu menarik. Hubungi Calya Wisata : 0852-0009-6334
Sewa Tenda Camping Dieng

Sewa Tenda Camping Dieng

Mau camping? Kami melayani sewa tenda dan perlengkapan camping lain di Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334