Proses Terbentuknya Gunung Dieng

Artikel singkat ini kami susun untuk menambah daftar bacaan bagi rekan-rekan pramuwisata Dieng, sehi...

Artikel singkat ini kami susun untuk menambah daftar bacaan bagi rekan-rekan pramuwisata Dieng, sehingga bisa memberikan informasi yang lebih lengkap kepada wisatawan. Tingginya arus wisatawan ke Dataran Tinggi Dieng memang sudah seharusnya dibarengi dengan peningkatan kualitas para pemandu wisata.

Tak hanya menawarkan keindahan yang begitu eksklusif, Dieng juga menyimpan berjuta kabut misteri yang belum terungkap seutuhnya. Meskipun belum mampu menyingkap semua misteri tentang Dieng, serta belum bisa memberikan informasi yang deskriptif, setidaknya melalui artikel singkat ini kami berharap bisa memberikan sedikit gambaran mengenai episode-episode proses evolusi GUNUNG DIENG.

Dieng

Telaga Warna Dieng


Melekat dalam kesadaran dan ingatan kita, hari itu Selasa, 20 Februari 1979, di puncak keheningan yang berbalut dinginnya kabut dini hari, di salah satu perkampungan di Dataran Tinggi Dieng, Desa Kepucukan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, warga dikejutkan oleh serangkaian gempa bumi yang terjadi sekitar pukul 01.55. Mereka terbangun, tak mengerti apa yang terjadi, panic, dan tentu saja tak tahu harus berbuat apa.

Sontak udara dini hari itu terasa panas, bau belerang yang terasa menyengat dan begitu menyesakkan. Dari arah Kawah Sinila terdengar beberapa kali dentuman sangat keras, suara yang begitu bergemuruh, disertai kobaran api menjulang. Warga berhamburan keluar rumah, berlari tak tentu arah untuk menyelamatkan diri.

Mereka yang berlari kearah barat terjebak dalam semburan gas beracun, konsentrasi CO2 yang sangat tinggi keluar dari rekahan tanah yang terhubung ke Kawah Timbang. Naas bagi mereka, 149 orang menemui ajalnya di sekitar SD Inpres yang berjarak kurang lebih 1 kilometer dari Kepucukan.

Itulah salah satu bait-bait petaka yang akan selalu tertulis dalam catatan sejarah kegunungapian Dieng, terekam dalam benak dan pikiran kita. Karenanya, sebagai pemandu wisata yang intensif membawa wisatawan ke Dataran Tinggi Dieng, kita harus mengenal karakteristik kegunungapian Dieng.

Peta Gunung Dieng

Peta Kegunungapian Dieng


Episode Terbentuknya Gunung Dieng

Dieng adalah kaldera raksasa dengan gunung-gunung yang mengelilingi sebagai tepinya. Berdasarkan pembagian zona, Dieng termasuk dalam Zona Serayu Utara. Menurut van Bemmelen, dataran tinggi Dieng merupakan kelompok gunung api kuarter yang secara fisiografis merupakan bagian dari Pegunungan Serayu Utara. Gunung api kuarter disebut juga gunung api modern, merupakan kelompok gunung api yang berumur kurang dari 2,6 juta tahun yang lalu. Sementara itu Neumann van Padang menyebutkan bahwa Dataran Tinggi Dieng merupakan puing dengan beberapa kerucut setinggi 100-300 meter, membentang sepanjang 14 km dengan lebar 6 km.

Berdasarkan umur relative, sisa morfologi, stratigrafi, tingkat erosi dan pelapukan, Gunung Dieng terbentuk dalam tiga episode, terdiri dari :
  • Episode Pertama
    Merupakan episode formasi prakaldera, berumur kuarter bawah, ditandai dengan adanya aktivitas vulkanik Rogojembangan, Tlerep, Jimat, dan Prau. Produk pada episode ini berada di luar kawasan Dieng. Kawah Tlerep membentuk struktur kubah (gunung) dengan komposisi batuan andesit hornblende.
  • Episode Kedua
    Episode kedua terjadi setelah pembentukan kaldera. Berkembang beberapa aktivitas vulkanik di dalam kaldera raksasa, antara lain terbentuknya Gunung Bisma, Gunung Seroja, Gunung Nagasari, Gunung Palangonan (Pangonan), Gunung Pagerkandang (Sipandu), Kawah Sileri, Gunung Igir Binem dengan dua kawah yang dikenal sebagai Telaga Warna dan Pengilon, serta kelompok Gunung Dringo dengan kawahnya yang dikenal Telaga Dringo.
  • Episode Ketiga
    Episode ini menghasilkan beberapa titik letusan dan kubah lava, antara lain Sikidang, Gunung Pakuwaja, Kubah Sikunir, Kendil, dan Watu Sembul.

Daftar bacaan :
Priatna, dkk. 2014. Pesona Bumi Dieng. Bandung: Badan Geologi.
Priatna. 2015. Gejolak Dieng. Bandung: Badan Geologi.

Lihat artikel lain tentang Sejarah Dieng.

0 komentar:



Sewa Mobil Dieng

Sewa Mobil Dieng

Sewa mobil di kawasan wisata Dieng. Melayani penjemputan antarar kota. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah Dieng. Solusi untuk menjelajahi kawasan wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Catering Dieng

Catering Dieng

Bingung cari jasa catering di Dieng? Kami menawarkan banyak pilihan menu menarik. Hubungi Calya Wisata : 0852-0009-6334
Sewa Tenda Camping Dieng

Sewa Tenda Camping Dieng

Mau camping? Kami melayani sewa tenda dan perlengkapan camping lain di Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334