Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang adalah salah satu objek wisata yang berada di kawasan vulkanik Dataran Tinggi Dieng, merupakan kawah yang paling populer diba...

Kawah Sikidang adalah salah satu objek wisata yang berada di kawasan vulkanik Dataran Tinggi Dieng, merupakan kawah yang paling populer dibanding kawah-kawah lain di Dieng karena memiliki akses paling mudah untuk dijangkau. Kawah Sikidang merupakan kawah dengan lapangan fumarole terluas di banding kawah-kawah lain di Dieng. Berada di wilayah Desa Dieng Kulon, hanya berjarak kurang lebih 800 meter dari objek wisata Telaga Warna dan 1,5 kilometer dari Kompleks Candi Arjuna.

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang


Kawah Sikidang berlokasi di area datar, dikelilingi batuan belerang, dan mengepulkan uap panas disertai gejolak air mendidih berwarna kelabu. Kandungan belerang yang tinggi membuat kawah tersebut mengeluarkan bau sangat menyengat seperti telur busuk, sehingga wisatawan yang berkunjung harus menggunakan masker sebagai penutup hidung. Namun begitu, bau menyengat tersebut tidak menghalangi minat wisatawan untuk berkunjung.

Nama Kawah Sikidang sangat populer, karena memang memiliki karakter sangat unik, dimana terdapat lubang- lubang fumarola yang cukup banyak, menyebar di sekitar kawah utama dan selalu berpindah-pindah tempat. Oleh karena itulah, penduduk setempat memberinya nama Kawah Sikidang, bagaikan seekor kidang (rusa) yang selalu melompat-lompat dari satu tempat ke tempat lain.

Kawah Sikidang menghadirkan nuansa lain di kawasan wisata Dieng. Pemandangan alam nan hijau menyegargan mendadak lenyap dari pandangan mata begitu Anda memasuki area kawah. Sejauh mata memandang tampak hamparan tanah dan batuan belerang yang tampak tandus. Area perbukitan yang terlihat jauh mengelilingi area kawah memberikan kesan yang begitu eksotis.

Kawah Sikidang

Lokasi Kawah Sikidang


Perlu diingat, saat Anda mengunjungi lokasi kawah Sikidang, dilarang untuk menyalakan api atau rokok karena sangat berbahaya. Wisatawan juga harus hati-hati saat melangkah, pilihlah area tanah yang kering sebagai pijakan. Di beberapa tempat terlihat tanah mengeluarkan asap dari lubang-lubang fumarola yang tersebar. Tanah tersebut sangat berbaya karena sangat rapuh. Hindari berjalan kaki di sekitar tanah yang tampak basah, apalagi mengeluarkan asap.

Bau belerang sangat menyengat, semakin mendekati kawah, bau terasa semakin kuat dan menusuk hidung. Wisatawan bisa membeli masker yang dijajakan oleh warga setempat di lokasi wisata. Tak jauh dari tempat parkir, Anda akan menjumpai kios-kios pedagang yang menjajakan cinderamata, oleh-oleh khas Dieng, makanan, minuman, dll.

Komposisi Gas Utama Di Kawah Sikidang


Suhu Kawah Sikidang kurang lebih 91 derajat Celcius, berada di ketinggian kurang lebih 2.065 mdpl. Konsentrasi CO2 di Kawah Sikidang tergolong sangat rendah, yaitu 5,654 % volume pada pengukuran bulan April 2014. Selain itu, kandungan H2S di Sikidang juga masih berada di bawah Kawah Sikendang yang berada di tepi Telaga Warna. Oleh karena itulah tak mengherankan jika bau telur busuk masih terasa menyangat berada di kawasan Telaga Warna dibanding di Kawah Sikidang.

Analisis Gas Dan Uap Air Di Kawah Sikidang


Berikut hasil analisis gas dan uap air di Kawah Sikidang yang diambil pada bulan April 2014.
Komponen
% Volume
H20,003
O2 + air0,002
N20,042
CH40,003
CO0,000
CO25,654
SO20,000
H2S2,031
HCl0,015
NH30,531
H2O91,291

Tabel Pengukuran Gas Di Lapangan Fumarola Kawah Sikidang


Karakteristik Gas Di Kawah Sikidang


Dari tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa konsentrasi gas di lapangan fumarola Sikidang didominasi oleh uap air (H2O) yang mencapai 91, 291 % Volume. Sementara itu konsentrasi CO2 sebesar 5,654 % volume dan H2S sebesar 2,031 % volume.

Dari analisis data yang diambil dari tahun 1999-2014, terdapat korelasi yang sangat kuat antara CO2, H2S, dan H2O, dimana setiap peningkatan salah satu senyawa tersebut akan diikuti oleh peningkatan senyawa lain, demikian juga sebaliknya. Sebagai contoh, apabila konsentrasi CO2 meningkat, akan diikuti peningkatan H2S dan H20.

Mudahkan kunjungan Anda


Untuk memberikan kemudahan bagi wisatawan yang ingin ke Kawah Sikidang, kami menawarkan program Paket Wisata Dieng. Hubungi kami di 0852-0009-6334 untuk informasi lebih lanjut.

0 komentar:





Sewa Mobil Dieng

Sewa Mobil Dieng

Sewa mobil di kawasan wisata Dieng. Melayani penjemputan antarar kota. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Sewa Motor Dieng

Sewa Motor Dieng

Jasa sewa motor murah Dieng. Solusi untuk menjelajahi kawasan wisata Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334
Catering Dieng

Catering Dieng

Bingung cari jasa catering di Dieng? Kami menawarkan banyak pilihan menu menarik. Hubungi Calya Wisata : 0852-0009-6334
Sewa Tenda Camping Dieng

Sewa Tenda Camping Dieng

Mau camping? Kami melayani sewa tenda dan perlengkapan camping lain di Dieng. Calya Wisata : 0852-0009-6334